Skip to main content

Outsourcing atau layanan alih daya membantu memberikan peralatan, teknologi dan sumber daya manusia terbaik yang dibutuhkan

Dampak COVID-19 sangat nyata terlihat di seluruh dunia, khususnya terhadap perekonomian dan sektor bisnis. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), pandemi menjadi krisis ekonomi global terburuk dalam sejarah, lebih besar dari Great Depression. IMF mengharapkan hanya pemulihan sebagian pada tahun 2021 karena kegiatan ekonomi masih akan berada di bawah tingkat yang diproyeksikan untuk tahun 2021

Meski masih belum pulih dari dampak virus corona, ekonomi harus terus berjalan, dan dunia usaha akan terus mencari cara untuk pemulihan. Prasyarat ketenagakerjaan dan bisnis harus tetap dapat dipenuhi agar perusahaan tetap dapat melanjutkan operasional.

Disaat banyak perusahaan berpikir mengenai kelanjutan bisnis, anda mungkin akan berubah pikiran tentang outsourcing setelah mengetahui manfaatnya. Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah outsourcing akan bermanfaat bagi bisnis Anda di saat krisis ini. Karyawan Anda mungkin bekerja dari rumah untuk sementara, tetapi apa yang akan terjadi jika situasi menjadi normal? Alih daya memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan implikasi jangka panjang setelah COVID-19.

Di dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa manfaat atau keuntungan yang mungkin dapat anda pertimbangkan untuk mengalihdayakan beberapa bagian di dalam bisnis anda untuk keberlansungan usaha

Keuntungan 1 : Fokus pada bisnis inti

Beberapa bagian proses bisnis anda sebaiknya  dialih dayakan ke pihak ketiga agar divisi SDM anda dapat melakukan tugas yang lebih penting. Sebagai contoh, ketimbang divisi SDM melakukan hanya pekerjaan administratif seperti pencatatan gaji, absensi atau mengelola tunjangan. Akan lebih baik bagi divisi SDM  fokus pada tugas pencapaian yang lebih penting seperti memperhatikan strategi peningkatan kinerja, peningkatan kapasitas ,  peningkatkan kesejahteraan ataupun kepuasan kerja.

Pengalihdayaan mengurangi beban administratif sehingga Anda dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis dan menawarkan layanan yang  lebih bernilai bagi pelanggan anda. Bermitra dengan penyedia outsourcing, organisasi Anda dapat lebih fokus pada beberapa hal penting yang benar-benar akan mendorong bisnis Anda selama masa pandemi.

Keuntungan 2 : Optimalisasi Biaya

Menjalankan bisnis tentunya membutuhkan  biaya yang besar. Di dalam biaya operasional, salah satu anggaran biaya yang cukup besar adalah biaya gaji, yang mana selain biaya gaji pokok,  ada biaya yang terkait dengan  perekrutan, pelatihan dan pengembangan, tunjangan karyawan, dan biaya-biaya lainnya.

Salah satu alasan utama perusahaan melakukan outsourcing adalah untuk menghemat biaya. Dengan outsourcing, Anda dapat menghemat biaya perekrutan, pelatihan dan pengembangan serta resiko ketika terjadi pemutusan hubungan kerja . Pihak Alih Daya akan bertanggung jawab untuk perekrutan dan pelatihan tergantung pada kebutuhan Anda. Selain itu, Pihak Alih daya atau outsourcing pada umumnya membantu mengurangi biaya operasional hingga 20% -30%. Anda tidak perlu khawatir dengan pengeluaran seperti belanja modal untuk peralatan dan perlengkapan, konektivitas internet karena penyedia jasa layanan alihdaya  akan menanggung semua itu.

Keuntungan 3 : Akses Ke Teknologi Baru

Saat sekarang ini, perusahaan perlu mempercepat transformasi digital agar tetap fleksibel dan cepat beradaptasi dengan perubahan bisnis selama krisis seperti yang terjadi pada era COVID-19. Sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology mengungkapkan bahwa 26 % perusahaan yang matang secara digital akan lebih dapat bertahan atau bahkan mencapai keuntungan daripada mereka yang tidak.

Dengan bermitra bersama penyedia layanan alih daya. Anda bisa mendapatkan akses ke teknologi yang digunakan oleh perusahaan alih daya. Misalnya, penyedia layanan mungkin memiliki perangkat lunak penggajian dan pengawasan kinerja karyawan yang  canggih yang dapat membantu proses bisnis Anda secara efisien. Atau mereka mungkin memiliki perangkat lunak akuntansi yang dapat mempermudah penghitungan pajak atau data keuangan lainnya. Dan yang terakhir, penyedia layanan alih daya mungkin memiliki sistem informasi yang lebih canggih untuk dapat membantu perusahaan anda memenuhi beberapa syarat tertentu dari pemerintah yang harus dipatuhi oleh bisnis anda

Bermitra dengan penyedia layanan outsourcing, Anda dapat mengakses sumber daya digital mereka sehingga bisnis Anda dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan selama pandemi.

Keuntungan 4 : Menemukan Bakat Terbaik

Melalui perusahaan alih daya atau outsourcing, Anda dapat mempekerjakan orang yang tepat yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki rencana dan strategi untuk dapat melayani pasar tertentu sebagai akibat perubahan pasar dari krisis pandemi yang tidak berkesudahan ini , perusahaan outsourcing dapat memberi Anda kandidat yang memenuhi syarat untuk peran atau posisi itu.

Jika Anda perlu merekrut karyawan dengan cepat dan efektif, perusahaan outsourcing dapat melakukannya. Layanan outsourcing dapat memberi Anda perekrutan berkualitas karena kandidat menjalani proses seleksi yang ketat. Anda bisa mempunyai keyakinan bahwa anda bisa mendapatkan karyawan dengan keahlian dan pengetahuan yang mumpuni untuk membantu bisnis anda

Keuntungan 5 : Resiko Berkurang

Risiko timbul dari ketidakmampuan organisasi untuk beradaptasi dan beroperasi dengan lancar dengan cara baru atau pada skala baru. Mengatasi kendala untuk menjadi bisnis lebih gesit, mitigasi risiko, dan inovasi telah menjadi tantangan bagi perusahaan yang tidak siap.

Pandemi telah mengakibatkan banyak perubahan di dalam aspek  pengelolaan resiko dan keuangan.

Saat ini, manajemen resiko dan keuangan yang berkaitan  dengan ketahanan dan ketangkasan bisnis jangka panjang , juga mencakup rantai pasokan, operasional, kesehatan dan keselamatan pekerja, dan bahkan sampai dengan inovasi bisnis yang perlu anda perhatikan

Dengan bermitra bersama perusahaan alih daya, maka akan dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih gesit dalam menghadapi perubahan drastis. Mitra outsourcing dapat memberi bisnis Anda kemampuan untuk peningkatan operasional yang dibutuhkan tanpa terlalu mengeluarkan banyak modal untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan baru yang mungkin tidak akan menguntungkan apabila dilakukan sendiri.

Keuntungan 6 : Keberlansungan Bisnis

COVID-19 telah membawa tantangan yang selama ini tak terduga bagi perusahaan. Anda perlu melayani pelanggan lebih baik, menerapkan layanan dukungan, dan memenuhi tuntutan baru untuk infrastruktur, yang mungkin menjadi kendala Anda dalam hal permodalan untuk memenuhi berbagai perubahan atau penyesuain di dalam masa pandemi. Untungnya, Anda dapat melakukan outsourcing fungsi ini ke penyedia layanan outsourcing untuk memastikan kelangsungan bisnis.

Dalam sebuah studi McKinsey, 90% eksekutif perusahaan mengatakan bahwa mereka mengharapkan COVID-19 secara fundamental mengubah cara mereka berbisnis dalam lima tahun ke depan. Pandemi telah memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perubahan atau penambahan anggaran dan berbagai sumber daya untuk dapat menjalankan atau mengelola operasional , tetapi outsourcing dapat membantu memenuhi hal tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baik bisnis besar maupun kecil bisa mendapatkan keuntungan dari layanan outsourcing. Dengan bantuan outsourcing, Anda dapat bekerja dengan para ahli yang akan memberikan perspektif segar dan ide-ide baru untuk membantu bisnis Anda bangkit kembali.

Pandemi COVID-19 telah berdampak besar bago bisnis dari berbagai industri. Sebagian besar bisnis tidak siap menghadapi kendala dan gangguan di dalam operasional bisnis. Namun, outsourcing dapat membantu bisnis mengatasi dampak apa pun yang ditimbulkan pandemi pada bisnis Anda.

Sign Up Hari & Mulai Analisa kebutuhan

Dapatkan analisa gratis untuk kebutuhan alih daya anda dan uji coba Robo Coach bagi peningkatan produkfitas dan kesejahteraan karyawan anda

Mulai Sekarang
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x