Skip to main content

Balance scorecard tidak hanya sekedar perlu digunakan di dalam perusahaan besar maupun kecil, tetapi juga penting untuk mengukur dan mengelola apa dan bagaimana bisnis berjalan

Memiliki pemahaman dasar tentang empat pilar untuk kartu skor (balance scorecard) seimbang – pilar pelanggan, pilar keuangan, pilar proses bisnis internal, dan pilar pengetahuan dan pertumbuhan – adalah langkah pertama dalam menetapkan strategi kartu skor berimbang untuk organisasi Anda.

Kami akan membahas beberapa dasar-dasarnya di dalam artikel kali ini, kami berupaya menggunakan pendekatan terbaik untuk memahami kebutuhan Anda agar dapat membuat rencana untuk menerapkan balance score card bagi perusahaan anda

Pepatah lama mengatakan sesuatu seperti ini: Jika Anda tidak menghitung skor, maka yang Anda lakukan hanyalah sedang berlatih. Jika Anda bertanya kepada kami, kebenaran yang jarang diucapkan – terutama di dunia bisnis yang kacau balau saat ini. Untuk membuat (dan mempertahankan) bisnis Anda sukses, Anda tidak hanya perlu menghitung skor atau angka, tetapi juga memprediksi skor atau angka Anda sebelumnya dengan menetapkan tujuan dan kemudian mencapainya secara konsisten. Dan tentunya kami tidak berbicara tentang pencapaian tujuan dan skor yang mudah dicapai.

Kami berbicara tentang tujuan yang mendorong kreativitas dan kecerdikan Anda ke batas yang mungkin belum pernah anda bayangkan sebelumnya – serta kreativitas dan kecerdikan karyawan Anda untuk membantu anda mencapai target angka atau skor yang anda harapkan

Apa itu balance score card?

Untuk lebih memahami apa itu Balanced Scorecard, mungkin Anda harus mempelajari dari mana asalnya dan mengapa. Balanced Scorecard pertama kali dikembangkan pada awal 1990-an oleh dua orang di Harvard Business School: Robert Kaplan dan David Norton.

Masalah utama yang diidentifikasi oleh Kaplan dan Norton dalam bisnis saat ini adalah banyak perusahaan memiliki kecenderungan untuk mengelola bisnis mereka hanya berdasarkan ukuran keuangan. Meskipun hal ini mungkin berhasil dengan baik di masa lalu, tetapi laju bisnis pada  saat ini membutuhkan langkah maupun tindakan yang lebih baik dan lebih komprehensif.

Meskipun pengukuran finansial diperlukan, tetapi yang menjadi masalah adalah pengukuran finansial hanya dapat melaporkan apa yang telah terjadi di masa lalu – di mana bisnis Anda berada – dan pengukuran finansial tidak dapat memberikan gambaran ke mana arahnya: Ini seperti mengendarai mobil Anda dengan hanya melihat ke kaca spion untuk melihat kebelakang.

Untuk dapat menyediakan sistem manajemen yang lebih baik dalam menghadapi kecepatan bisnis saat ini serta menyediakan informasi relevan yang dibutuhkan bagi para manajer bisnis, yang memampukan pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik, Kaplan dan Norton mengembangkan Balanced Scorecard. Yang ingin kami tekankan di artikel ini bahwa Balanced Scorecard adalah sistem manajemen – bukan sistem pengukuran. Pengukuran adalah aspek kunci dari Balanced Scorecard, yang mana pengukuran adalah cara untuk menetapkan dan mencapai tujuan dan sasaran strategis organisasi Anda.

Jadi, apakah Balanced Scorecard itu? Singkatnya, balance scorecard adalah sistem manajemen yang memungkinkan organisasi  untuk menetapkan, melacak, dan mencapai strategi dan tujuan bisnis utamanya. Setelah strategi bisnis dikembangkan, strategi tersebut diterapkan dan dilacak melalui apa yang kami sebut Four Legs of the Balanced Scorecard. Keempat pilar ini terdiri dari empat perspektif bisnis yang berbeda: Pilar Pelanggan, Pilar Finansial, Pilar Proses Bisnis Internal, dan Pilar Pengetahuan, Pendidikan, dan Pertumbuhan.

Penjelasan Empat Pilar Balance Scorecard kartu skor

Pilar Pelanggan, Keuangan,  Pengetahuan dan Pendidikan, dan yang terakhir adalah Pertumbuhan . Keempat pilar Balanced Scorecard ini diperlukan bagi para eksekutif dan manajer bisnis saat ini untuk dapat merencanakan, menerapkan, dan mencapai strategi bisnis mereka. Keempat pilar akan membuat perbedaan antara apakah bisnis Anda berhasil atau gagal. Penjelasan berikut melihat lebih dekat pada empat pilar:

  • Kartu skor pelanggan: Mengukur kepuasan pelanggan Anda dan tolak ukur kepuasan pelanggan dari kacamata pelanggan
  • Kartu skor keuangan: Mengukur kinerja keuangan Anda.
  • Kartu skor Proses Bisnis Internal: Mengukur kinerja proses apakah memberikan efiesiensi dan efektifitas kerja yang diharapkan
  • Kartu skor Pengetahuan, Pendidikan, dan Pertumbuhan: Berfokus pada bagaimana Anda melatih dan mendidik karyawan Anda, mendapatkan dan menangkap pengetahuan Anda, dan bagaimana Anda menggunakannya untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam pasar Anda.
Mencapai Keseimbangan Organisasi

Ketika membantu beberapa klien , kami melihat bahwa banyak organisasi cenderung tidak seimbang dalam menjalankan ke empat pilar tersebut – yang mana, mereka hanya berfokus pada dua pilar Balanced Scorecard: ukuran keuangan mereka dan kinerja proses bisnis internal mereka. Akibatnya, banyak perusahaan mereka meleset dalam mengukur dan melacak bagian penting lainnya dari bisnis mereka – hal-hal seperti pelanggan serta pengetahuan dan pertumbuhan internal mereka.

Keempat elemen, atau pilar bisnis, harus diukur, dianalisis, dan ditingkatkan bersama – secara terus menerus – agar bisnis tetap dapat berkembang. Jika Anda mengabaikan salah satu dari empat pilar ini, Anda akan seperti sedang duduk di bangku berkaki empat dengan kaki patah.Pada akhirnya anda akan kehilangan keseimbangan dan jatuh tertelungkup. Dan, apabila kami tidak keliru, jatuh telungkup bukanlah cara yang tepat untuk menjalankan bisnis! Anda tidak hanya harus mengukur empat pilar bisnis ini, tetapi juga menetapkan strategi, sasaran, dan taktik untuk mewujudkannya. Dan saat Anda melakukannya, Anda harus memastikan bahwa strategi dan taktik Anda sejalan. Ke empat pilar ini harus bekerja sama menjadi satu utas yang diikat secara bersama dengan cara yang masuk akal. Ini bukan sesuatu yang bersifat opsional; tetapi hal yang sangat penting. Masa depan bisnis Anda bergantung kemampuan menjaga empat pilar bisnis

Mengikuti pendekatan balanced scorecard secara terintegrasi memberikan keseimbangan yang dibutuhkan bagi bisnis Anda, untuk memastikan bahwa berbagai area kritis di dalam bisnis mendapatkan perhatian yang layak . Keseimbangan organisasi tidak terlalu sulit untuk dipahami, tetapi untuk mencapainya, menjadi masalah lain yang berbeda.

Keseimbangan pilar bisnis membutuhkan usaha dan ketekunan dan dapat dicapai dalam bisnis apa pun, di negara mana pun, kapan pun. Jika Anda berpikir bahwa keseimbangan pilar bisnis tidak cocok untuk bisnis anda, maka pesaing Anda pasti akan berterima kasih atas pemikiran anda tersebut

Sign Up Hari & Mulai Analisa kebutuhan

Anda berminat mengetahui lebih lanjut apakah bisnis anda sudah berjalan secara sehat? atau anda ingin mengetahui bagaimana membua atau merancang dan menjalankan bisnis anda dengan empat pilar ini, silahkan bergabung dan berbicara dengan Business Coach afiliasi Loyagami Life

Mulai Sekarang
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x