Skip to main content

Sejak beberapa tahun terakhir, pemesanan mandiri secara online telah berkembang di banyak tingkatan dan jenis restoran.

Dengan teknologi yang semakin maju pelanggan menjadi semakin paham teknologi, sehingga pemesanan online menjadi sesuatu yang umum di seluruh dunia. Beralih dari pemesanan konvensional melalui telepon ke menu digital, baik untuk reservasi dine-in, pesan antar, ataupun pesan ambil secara mandiri. Pemesanan mandiri menjadi masa depan industri restoran di dengan berbagai manfaat yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

Mengapa Pemesanan Mandiri Adalah Keharusan di Industri Restoran Sekarang Ini?

Salah satu alasan utama mengapa pemesanan mandiri menjadi masa depan industri restoran adalah dikarenakan pemesanan mandiri akan mengurangi atau bahkan meniadakan antrean panjang pelanggan, hal ini memungkinkan pelanggan untuk dapat memesan dengan cepat dengan aman dan nyaman. Pelanggan juga mendapatkan kemudahan memesan sesuai keinginannya tanpa harus menunggu pelayan mengambil pesanannya ketika dine-in.

Penelitian di beberapa negara maju menunjukkan bahwa kebanyakan orang lebih suka mengunjungi outlet yang memberikan kemudahan pemesanan mandiri melalui aplikasi ataupun kiosk. Bahkan menurut penelitian tersebut, hanya karena terlihat ada 5 orang yang mengantri dapat mengalihkan atau mengurungkan niat 57% pelanggan untuk beralih ke tempat lain / kompetitor, hal ini berlaku untuk restoran yang mempunyai kompetitor sejenis di area yang sama dan tidak dalam kondisi sedang melakukan promo tertentu

Pasca COVID-19, perhatian kini beralih ke sistem pemesanan mandiri digital seperti pemesanan dengan kode QR. Untuk meminimalkan titik kontak bagi pelanggan dan mengurangi kebutuhan akan sanitasi layar kios pemesananan mandiri, restoran telah memperkenalkan kios mandiri generasi berikutnya yang dapat diakses melalui ponsel pelanggan. Pelanggan cukup memindai kode QR dan mengakses menu restoran di ponsel mereka, sehingga memudahkan pemesanan. Seluruh prosedur pemesanan dan pembayaran sekarang dapat dilakukan otomatis, memampukan restoran untuk fokus pada produk, higienitas dan penataan ruang yang baik. Seiring berjalannya waktu, layanan mandiri akan menjadi standar di berbagai jenis restoran, menghemat banyak waktu dan sumber daya.

Peran Pemesanan Mandiri Di Industri Siap Saji

Sebagaimana namanya, restoran siap saji dimaksudkan untuk melayani pelanggan dengan cepat. Dalam lingkungan yang serba cepat seperti sekarang ini, kaum milenial sering merasa kurang nyaman dengan antrean panjang. Selain itu, adanya perbedaan makanan/minuman yang disajikan dengan yang dipesan akan membuat mereka tidak puas dan kecewa. Di sinilah teknologi pemesanan dapat memainkan peran penting dalam industri restoran siap saji, meningkatkan akurasi pengambilan pesanan dan waktu pemrosesan.

Dengan memanfaatkan teknologi pemesanan mandiri beserta dengan aplikasi pendukung, maka restoran tidak hanya mendapatkan kemudahan otomatisasi pemesanan, tetapi juga bisa mempunyai ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak dan terdepan mengenai perubahan pasar sebelum perubahan tersebut menciderai bisnis yang sedang berjalan, selain itu pemesanan mandiri memampukan pelanggan untuk dapat memesan dengan cepat untuk beberapa produk favorit tanpa harus mengulang dari awal

Di sisi lain, aplikasi pemesanan mandiri dapat membantu pengelolaan persediaan secara efektif dan efisien. Sistem pemesanan online restoran memastikan bahwa dapur Anda tidak pernah kehabisan stok dan staf pengiriman tersedia saat pesanan tertentu masuk.

Teknologi yang Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Anak-anak, remaja, sampai dengan kaum lansia terbiasa dengan ponsel saat ini. Berkat kemudahan dan keamanan transaksi, banyak orang sekarang ini memilih untuk memesan secara online, baik itu makanan, peralatan, pakaian, obat-obatan, atau bahkan bahan makanan. Dengan menyederhanakan prosedur pemesanan, teknologi sebenarnya dapat memikat lebih banyak pelanggan untuk memesan secara online.

Semua informasi berkaitan dengan menu sekarang dapat dengan mudah diberikan kepada pelanggan, menghilangkan kebingungan dan keraguan tentang nilai gizi atau bahan yang digunakan.

Kios dan aplikasi pemesanan mandiri juga merupakan saluran yang pas untuk program loyalitas. Salah satu program yang kami sediakan adalah integrasi aplikasi pemesanan mandiri dengan prograam pengelolaaan loyalitas termasuk dengan penyediaan hadiah atas loyalitas pelanggan maupun atas kunjungan pelanggan

Penting bagi pemilik restoran untuk memahami manfaat sistem pemesanan mandiri secara online dari perspektif efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan teknologi, restoran dapat terus beradaptasi dan mengembangkan merk dengan memberikan layanan sesuai dengan harapan pelanggan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x