Keranjang

Apabila kamu berencana untuk memulai usaha, ada baiknya memperhatikan ulasan berikut ini yang kami buat mengenai jenis-jenis modal dalam pendirian Perseroan Terbatas (“PT”).

Dalam mendirikan sebuah PT, modal usaha merupakan salah satu komponen yang terpenting. Kalau menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas (“UUPT”), ada 3 jenis modal, yaitu modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor. Berikut adalah perbedaan 3 jenis modal tersebut

Definisi Modal Dasar

Yahya Harahap dalam bukunya Hukum Perseroan Terbatas menjelaskan bahwa modal dasar adalah seluruh nilai nominal saham PT yang disebut dalam Anggaran Dasar (“AD”), yang pada prinsipnya merupakan total jumlah saham yang dapat diterbitkan oleh PT. Penentuan jumlah saham yang menjadi modal dasar ditentukan dalam AD PT tersebut.

Meskipun pada awalnya UUPT menentukan modal dasar PT adalah minimal berjumlah Rp50 juta, ketentuan ini sudah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas (“PP 29/2016”).

Kini, berdasarkan PP 29/2016, tidak ada lagi jumlah minimum modal dasar dan jumlah modal dasar kini ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri PT. Namun, khusus untuk sektor-sektor usaha tertentu, tetap terdapat batasan minimum yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Definisi Modal Ditempatkan

Dari keseluruhan jumlah modal dasar PT, pendiri atau pemegang saham mengambil sejumlah saham dari modal tersebut yang disanggupi untuk dilunasinya untuk dimiliki, meskipun ada yang sudah dibayar dan ada yang belum. Jumlah saham yang sudah diambil dan disanggupi untuk dilunasi tersebutlah yang dinamakan modal ditempatkan.

Definisi Modal Disetor

Jenis modal yang terakhir, yaitu modal disetor. Modal disetor ini adalah modal yang dimasukkan oleh pemegang saham atau pemiliknya sebagai pembayaran/pelunasan untuk jumlah saham yang diambil dan dimilikinya. UUPT mensyaratkan paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh saat pendirian PT.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x